Sabtu, 18 Mei 2013

Cara Make Up Untuk Wajah Berjerawat

Jerawat adalah momok utama bagi kalangan kaum hawa, karena dengan adanya jerawat terkadang kita kurang pede dalam mengekspresikan penampilan kita, bahkan kalau jerawat sudah parah, kita enggan untuk keluar rumah sekadar ngumpul bareng bersama teman. Nah, bagi kita yang selalu jengkel dengan jerawat yang selalu jadi penghalang dalam kegiatan sehari-hari, dan lagi jerawatnya belum juga sembuh, keep calm aja, sist! ada solusi untuk mengatasinya.

  1. Siapkan es batu atau air es sebelum ber-make up, dengan cara membasuhkan air es atau meletakkan es batu ke wajah kita, khususnya di area jerawat, agar jerawatnya tidak meradang saat di make up. tau nggak sist, kalo es batu itu ampuh banget untuk menghindari keringat di area wajah saat wajah dalam keadaan bermake up!
  2. Gunakan pembersih yang berbahan dasar air, yang berbahan dasar ketimun atau jeruk nipis, agar lemak di wajah dapat terangkat. Jangan gunakan pembersih berbentuk lotion, karena menyebabkan wajah menjadi berminyak. Bagi anda yang jaerawatnya sudah parah, tidak dianjurkan memakai pembersih wajah, karena khawatir gesekan kapasnya dapat membuat jerawat menjadi meradang dan membesar.
  3. Gunakan sabun pembersih muka yang berbahan tradisional, yang tidak mengandung banyak komposisi, yakni yang bisa membuat wajah selalu kering dan tidak lembab, sebab wajah lembab pada jerawat bisa mempercepat timbulnya minyak. Jika menggunakan sabun wajah yang ber merk, jangan memilih sabun wajah yang terdapat butiran-butiran kecil ( scrub) nya, agar jerawat tidak meradang dan merah.
  4. Gunakan make up yang ringan , jangan terllalu tebal, dan jangan sekali-kali ber make up dalam keadaan kepanasan/ kegerahan, patsikan wajah benar-benar segar dan kering sebelum memakai make up.
  5. Gunakan bedak tabur, jangan bedak compact apalagi cream wajah, karena wajah berjerawat itu pori-porinya besar, bedak compact dan cream wajah dapat menutup pori-pori di wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat.
  6. Sebelum tidur bersihkan make up dengan pembersih atau langsung dibersihkan dengan sabun muka, agar sisa make up tidak menempel lama di wajah yang bisa menyenebabkan timbulnya jerawat di pagi harinya.
  7. Hindari terlalu banyak berada di bawah matahari, karena wajah berjerawat itu memproduksi minyak lebih banyak, jika selalu di bawah matahari, wajah anda akan semakin berminyak.
  8. Makanlah sayuran dan buah-buahan segar, hidari makan cokelat atau makanan-makanan berminyak.
  9. Yang terpenting adalah, sering-seringlah mencuci muka ya, sist. Minimal 7 kali sehari, kalau anda orang Islam, ya setiap berwudhu atau sekiranya anda merasa wajah anda sudah berat dan berimnyak, segeralah basuh agar fresh kembali dan jerawat akan enggan untuk hinggap lagi. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar