Senin, 29 September 2014

How to Make Nasi Uduk (Cara Membuat Nasi Uduk)

Hmmm.. rasanya udah lama saya gak posting2 apapun di blog saya. dan kali ini mumpung masih sempat saya mau posting tentang makanan. yap! nasi uduk. saya ingin posting resep nasi uduk karena kemarin saya baru saja membuatnya bersama kakak saya. hmm...jadi pengen laggiiiiii....
gak usah lama-lama langsung aja kali ya!


bahan-bahan:
-1/2 kg beras, lalu di cuci sampai bersih
-dua gelas (700 ml) santan kental / kelapa parut dan ambil santannya
-2 lembar daun pandan, diikat, lalu disobek-sobek tanpa terlepas ikatannya
-1 batang serai
-1 ruas jahe
-sejumput ketumbar 
-2 sdm garam
-daun salam


bahan lauk-pauk (pelengkap):
-telur, direbus atau di goreng
-mi bihun
-kerupuk emping
-tempe orek/ tempe biasa yang digoreng
-bakwan
-sambal kacang/ sambal biasa
-bawang (merah) goreng (terpenting)



cara pembuatan:
-masukkan beras, serai, daun salam, jahe, daun pandan dan garam. satukan semuanya dan didihkan sampai setengah matang (berasnya).
-jika sudah setengah matang, pindahkan nasi tersebut ke dalam panci pemasak nasi yang sudah di panaskan (bisa juga dipindah ke rice cooker) untuk proses pematangan. 
-selesai deh! jangan lupa tambahkan lauk-pauk sesuai selera anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar