Rabu, 14 Oktober 2015

5 Tipe 'Anak Pintar' di Sekolah yang Sering Kita Jumpai



Hello Guys! Kalian yang lagi atau udah ngerasain indahnya bangku sekolah mulai dari masa SD sampai SMA pasti dong masih inget (dikit-dikit) siapa aja sih anak yang paling pinter atau berprestasi di kelas? Kalo udah inget, diantara temen-temen kita yang pinter itu pasti punya karakter dan spesifikasi dari kepinteran mereka masing-masing, kan? Kali ini aku akan nge-share tentang karakter-karakter tersebut sesuai pengamatan aku dulu waktu masih sekolah. Check this one OUT! 


1. Si People (PINTER tapi PELIT)
Ini adalah karakteristik anak pinter yang paling banyak kita temui di kelas (mungkin di seluruh sekolah di Indonesia). Ya jelas lah ya, secara logika mana mau orang yang udah belajar mati-matian di rumah demi nilai yang bagus, hasil PR-nya rela buat dicontekin begitu aja? The answer is absolutely NO! 
Sikap pelit ini berlaku juga ke sahabat atau temen sebangku (biasanya dia berdalih atas nama sportifitas dan kejujuran dalam belajar). Si People (PINTER tapi PELIT) ini biasanya menyiasati temen yang mau nyontek dengan cara: 
· Masuk kelas pas guru udah masuk kelas juga (jadi kan gak ada waktu tuh, buat temen yang mau minta contekan PR). 
· Pura-pura budek (gak denger) pas dipanggil temen. 
· Ngomong ‘bentar dulu yaa..’ sambil nulis-nulis alias sok sibuk. 
· Ngomong ke temen kalo dia belum selesai juga PR-nya. 
· Ngomong kalo PR yang dia buat jawabannya asal-asalan (gak layak buat jadi bahan contekan) lalu nyuruh kita agar nyontek ke temen yang lain. 

Anyway, (si People) melakukan point-point seperti di atas kadang-kadang emang niatnya baik, yaitu ingin membuat temen-temen jadi pribadi yang bertanggung jawab dan jujur di kelas, tapi di sisi lain dia gak akan bisa menghindari sebutan ‘pelit’ dari temen kelasnya. Tetep aja kali, temen langsung paham bahwa dia sebenernya emang ‘p-e-l-i-t’ dan memaklumi. Walhasil nih temen akan males (kapok) dan gak akan minta contekan lagi ke si People ini. Isn’t it?!

2. Si Peader (PINTER tapi DERMAWAN)
Yang ini juga gak kalah banyak kok dari si People. Si Peader (PINTER tapi DERMAWAN) ini emang nge-hits dan dijunjung banget sama temen sekelas. Pamornya bahkan bisa ngalahin para guru. Kenapa? Karena si Peader ini diibaratkan sebagai Dewa atau Dewi Penolong bagi seluruh siswa yang sedang didera kesusahan (wow...hahaha). 
Saking baiknya, sometimes si Peader ini bahkan ‘nawarin’ buku hasil PR-nya dengan cuma-cuma ke temennya sambil duduk nimbrung mendampingi temen yang sedang nyontekin bukunya takut ada pertanyaan atau tulisan yang gak dimengerti. Dia juga gak mempermasalahkan apakah nilainya akan sama atau malah lebih rendah dari yang lain (namanya juga dermawan).
Karena kebaikan hatinya pula, si Peader punya banyak banget temen fanatik yang siap sedia untuk melayani dan membelanya jika terjadi sesuatu di sekolah.
Kebanyakan Si Peader ini pembawaannya itu kalem dan murah senyum, tapi ada juga kok yang kocak dan nyablak saking friendly-nya dia ama sesama temen. Dari kebaikan hati si Peader ini pula, membuat temen-temen jadi tambah males belajar karena semua tugas sekolah itu sudah ditanggung si Peader nanti pas di kelas. Haduh Peader, baik dalam ketidak jujuran gak boleh juga tau! Oops..

3. Si Pealic (PINTER tapi LICIK)
Posisi si Pealic ini ada di antara si People dan si Peader. Artinya, dia gak pelit dan tapi juga gak dermawan. Berbeda dengan si People yang sampai ‘rela’ gak punya temen karena sikap pelitnya, si Pealic ini pengen tetep banyak temen kaya si Peader, Cuma dia menyiasatinya dengan kelicikan yang dia buat dan seringkali kelicikan tersebut gak disadari oleh para Conteker (temen-temen yang mau nyontek). What?! 
For example, ada banyak temen yang udah nungguin kedatangan si Pealic untuk minjem buku hasil PR-nya. Si Pealic ini biasanya gak akan ngasih bukunya langsung ke tangan temen. Tapi dia ngasih tau jawabannya ‘asal-asalan’ aja lewat mulut tanpa perlu memperlihatkan buku hasil PR-nya. Temen-temen biasanya langsung percaya aja dan nulis apa aja yang dikatakan/didiktekan si Pealic, padahal itu jawabannya salah, kurang lengkap atau gak mirip-mirip banget loh!. Cara ini biasa dipake si Pealic agar nilainya gak sama dengan yang nyontek, sekaligus juga gak kehilangan temen karena terhindar dari image ‘pelit’. So, it was safe and good idea for si Pealic.

4. Si Peamush (PINTER tapi MUSIMAN)
Si Peamush ini labil alias unpredictable. Disebut demikian karena dia kadang dermawan dan pelit secara tiba-tiba. Dia (si Peamush) tau banget PR atau tugas sekolah mana yang gak masuk ke buku Raport (tugas sekolah yang gak krusial) dan tugas atau ujian mana yang dimasukin ke nilai raport (tugas sekolah yang krusial). Intinya dia milih-milih moment untuk ‘rela’ ngasih buku hasil PR-nya atau jawaban pas ujian. 
Kalo tugasnya gak krusial, biasanya dia sih baik banget dan ngasih bukunya buat dicontekin. Tapi jangan harap kebaikan itu akan terus berlanjut saat ujian semester apalagi ujian akhir. Gak akan! Dia bisa tiba-tiba jadi budek dan pelit banget saat dipanggil temen yang minta bantuan jawaban atau bilangnya gak tahu atau belom selesai jawabannya. Nyebelin banget kan si Peamush ini vroh?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar