Rabu, 14 Oktober 2015

Hal-Hal Yang Harus Dimiliki Sebelum Masuk ke Bangku Sekolah

Menjalani hari-hari di bangku sekolah dan dituntut untuk berinteraksi terus-menerus dengan para warga sekolah (siswa, guru dan lain-lain) merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Di antara berjuta moment yang pernah kita lalui di sekolah, pasti banyak pula pengalaman yang tidak menyenangkan bahkan masih terngiang sampai sekarang. Hal tersebut terjadi karena lingkungan sekolah yang abstrak hingga kita tak mampu untuk mengatasinya. Hingga akhirnya kita berpikir bahwa masa sekolah adalah masa yang tidak menyenangkan. 
Lalu apa saja hal yang harus dimiliki anak agar kita menjadi siswa yang 'bahagia'? Ikuti tips di bawah ini.

1. Kemauan
Sebelum masuk ke bangku sekolah, pastikan anak sudah ditanamkan suatu keyakinan agar memiliki kemauan untuk sekolah, meskipun kemauan mereka untuk sekolah hanya sekadar ingin bermain dan jajan enak. Kemauan tersebut lambat laun akan berkembang menjadi sesuatu yang lebih bermakna seiring tumbuh kembang anak, seperti mereka ingin sekolah karena ingin menjadi anak yang pintar dan berwawasan luas.

2. Percaya diri
Percaya diri adalah hal utama yang harus ditanamkan sejak dini untuk anak-anak bahkan sebelum mereka masuk ke bangku sekolah. Percaya diri merupakan bekal yang sangat penting karena mereka akan cenderung siap dan berani untuk menghadapi keadaan apapun yang terjadi di sekolah baik itu hal yang menyenangkan dan meyedihkan tanpa harus selalu bersembunyi dibalik 'badan' sang ibu. 

3. Disiplin
Sebelum memasukkan anak ke sekolah, kita harus membiasakan anak untuk selalu disiplin dalam melakukan hal apapun di rumah, seperti bangun tepat waktu, menaruh barang-barang pada tempatnya dan tidak mebuang sampah sembarangan. Hal tersebut akan berlanjut sampai ke bangku sekolah seperti masuk tepat waktu, mengerjalan PR dirumah dan lain sebagainya.

4. Sportif
Sportif mwrupakan hal yang harus dimiliki oleh semua peserta didik di sekolah. Sportif yakni berprilaku jujur dan menghargai sesama teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar