Minggu, 14 Juli 2013

Tips Ramdhan: Menghindari Bau Mulut Saat Puasa






Memang ada di sebuah kitab yang mengatakan bahwa, "bau mulutnya orang yang berpuasa itu sama ahlnya dengan bau bunga kasturi", ya memang benar kalau kita lihat dalam perumpaan pahalanya orang yang berpuasa, tapi alangkah baiknya jangan kita iyakan dalam realitasnya, tentu sangat mengganggu, bukan?

Saat berpuasa enzim-enzim makanan yang tertinggal di mulut meninggalkan aroma yang tidak sedap, dan menyebabkan bau mulut. Bau mulut bisa membuat rasa tak nyaman. Ternyata ada beberapa cara sederhana untuk mengatasinya.

Nafas dan aroma mulut yang segar tetap bisa didapat saat berpuasa. Lakukan saja cara-cara sederhana dan mudah ini.

1. Gosok gigi dan kumur dengan air lemon

Gosok gigi sampai benar-benar semua bagian mulut bersih, jangan asal digosok. Setelah itu kumur-kumurlah dengan air yang dicampur dengan air jeruk lemon. Kumur beberapa kali sampai mulut benar-benar segar.

2. Minum teh atau air putih
Manurut University of Utah Health Care, minum teh hitam atau teh hijau saat sahur bisa membuat nafas lebih segar. Atau minumlah air putih banyak-banyak saat sahur untuk membunuh bakteri dalam mulut.
Gosok gigi sampai benar-benar semua bagian mulut bersih, jangan asal digosok. Setelah itu kumur-kumurlah dengan air yang dicampur dengan air jeruk lemon. Kumur beberapa kali sampai mulut benar-benar segar.

3. Seledri
Seledri bukan hanya enak untuk sup atau salad tetapi juga bisa mengurangi bau mulut. Kunyahlah beberapa helai daun seledri, walau mungkin agak langu dan pahit. Saun ini mengandung chlorophyll yaitu antiseptik yang dapat menetralisasi bau mulut. Pencernaan Anda juga bisa lebih lancar dengan memakannya.
4. Alpukat
Buah hijau lonjong yang legit ini ternyata juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. Makanlah beberapa potong alpukat saat sahur. Buah yang lembut ini bisa meredam aroma tak sedap dari mulut.
5. Jus sayur dan buah
Selain dapat menyehatkan tubuh karena kandungan vitamin dan serat, jus sayur dan buah juga dapat membantu membuang halitosis atau bau mulut. Jus yang terbuat dari sayuran hijau lebih efektif mencegah bau mulut.
6. Cuka Apel
Meski rasanya kecut, cairan ini ternyata berkhasiat untuk menjadi pencuci mulut yang ampuh. Campurkan setengah sendok makan cuka apel dengan segelas air putih lalu gunakan untuk kumur-kumur beberapa kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar